6



Assalamualaikum sahabat,

Diawali dengan bismilahirrohmanirrohiim saya akan tuangkan secercah pengalaman saya di minggu keenam. Setelah diminggu sebelumnya saya membahas tentang Inservice dan mengganti modul yang terbakar. Kali ini saya akan membahas tentang aplikasi I-siska dan TLWS.
I-siska merupakan program khusus yang dimiliki oleh perusahaan Telkom Indonesia. Disetiap Kantor cabang Telkom Indonesia yang berada di seluruh negara Indonesia pasti memilki aplikasi ini. I-siska memiliki banyak fungsi. Diantaranya adalah menyimpan data registrasi pelanggan, Work order/Spk(surat perintah kerja).  Dengan aplikasi ini kita dapat melakukan Jumpering ketika ada yang memasang Speedy atau telpon baru. Dengan formulir yang lengkap maka akan langsung mendapat nomor telpon dan nomor speedy yang tersedia.
Dan minggu ini saya menggunakan aplikasi ini untuk mencari datek/Pot untuk mensetting modem speedy yang baru. Langkah-langkah untuk mengaktifkan aplikasi I-siska adalah dengan membuka Browser lalu buka program I-siska atau biasanya dibuatkan shortcut agar mudah dalam mengakses aplikasi I-siska. Setelah itu akan muncul antarmuka I-siska. Lalu log in dengan username yang tersedia. Setelah itu masukkan kode permintaan dan tekan tombol enter 3x setelah yang ketiga kalinya akan muncul kotak dialog konfirmasi. Lalu pilih ya. Dan WO atau Spk akan muncul dengan keterangan nama pelanggan, nomor speedy, nomor telepon, DSLAM,MODUL  dan data lainnya. Setelah itu tuliskan terdapat pada DSLAM berapa dan Modul berapa. Setelah itu untuk mencari POT kita cari di Data DATEK SINDANGLAYA. Yang hanya terdapat di Telkom Sindanglaya.

Nahhh itu I-siska, setelah itu saya diperintahkan untuk mencek nomor telepon pelanggan di EQN xxx-y-z-a lalu saya menggunakan mikrotes atau telpon tes untuk pot EQN. Lalu panggil 141 untuk mengecek nomor telepon. Jika berbunyi nomor telepon tidak dapat digunakan artinya terjadi Kontak. Jika terjadi seperti itu maka lakukanlah isolir pada pot EQN tersebut lalu kita cek dengan aplikasi TLWS yang hanya terdapat di Telkom Indonesia. Buka aplikasi TLWS lalu login dengan username yang valid. Lalu ketikan C. Setelah itu untuk melihat status nomor telepon tersebut maka ketikan STATSUB : DN =512xxx80 lalu akan muncul statusnya. Jika terjadi kontak maka akan berstatus not idle. Nah jika ini terjadi maka kita jumper ulang atau pindahkan dengan primer dan EQN yang lain.

Mungkin hanya segitu curhatan artikel saya minggu ini. Terima kasih yang sudah berkenan membaca dan memberi komentar. Semoga bermanfaat ya J




I-siska



Gateway


TLWS








Post a Comment

  1. bagus laahh. :D update truss.. ~! :D

    komen balik ahh.. :D http://rianpurnawan.blogspot.com/2014/04/minggu-ke-6-prakerin-di-pt-dirgantara.html

    ReplyDelete
  2. banyak pengalaman baru yah :D
    semangat!

    ReplyDelete

Komen dengan kata-kata yang baik ya :)

 
Top