Assalamualaikum sahabat,
Diawali dengan bismilahirrohmanirrohiim saya akan tuangkan
secercah pengalaman saya di minggu keenam. Setelah diminggu sebelumnya saya
membahas tentang Inservice dan mengganti modul yang terbakar. Kali ini saya
akan membahas tentang aplikasi I-siska dan TLWS.
I-siska merupakan program khusus yang dimiliki oleh
perusahaan Telkom Indonesia. Disetiap Kantor cabang Telkom Indonesia yang
berada di seluruh negara Indonesia pasti memilki aplikasi ini. I-siska memiliki
banyak fungsi. Diantaranya adalah menyimpan data registrasi pelanggan, Work
order/Spk(surat perintah kerja). Dengan
aplikasi ini kita dapat melakukan Jumpering ketika ada yang memasang Speedy
atau telpon baru. Dengan formulir yang lengkap maka akan langsung mendapat nomor
telpon dan nomor speedy yang tersedia.
Dan minggu ini saya menggunakan aplikasi ini untuk mencari
datek/Pot untuk mensetting modem speedy yang baru. Langkah-langkah untuk
mengaktifkan aplikasi I-siska adalah dengan membuka Browser lalu buka program
I-siska atau biasanya dibuatkan shortcut agar mudah dalam mengakses aplikasi
I-siska. Setelah itu akan muncul antarmuka I-siska. Lalu log in dengan username
yang tersedia. Setelah itu masukkan kode permintaan dan tekan tombol enter 3x
setelah yang ketiga kalinya akan muncul kotak dialog konfirmasi. Lalu pilih ya.
Dan WO atau Spk akan muncul dengan keterangan nama pelanggan, nomor speedy,
nomor telepon, DSLAM,MODUL dan data
lainnya. Setelah itu tuliskan terdapat pada DSLAM berapa dan Modul berapa.
Setelah itu untuk mencari POT kita cari di Data DATEK SINDANGLAYA. Yang hanya
terdapat di Telkom Sindanglaya.
Nahhh itu I-siska, setelah itu saya diperintahkan untuk
mencek nomor telepon pelanggan di EQN xxx-y-z-a lalu saya menggunakan mikrotes
atau telpon tes untuk pot EQN. Lalu panggil 141 untuk mengecek nomor telepon.
Jika berbunyi nomor telepon tidak dapat digunakan artinya terjadi Kontak. Jika
terjadi seperti itu maka lakukanlah isolir pada pot EQN tersebut lalu kita cek
dengan aplikasi TLWS yang hanya terdapat di Telkom Indonesia. Buka aplikasi
TLWS lalu login dengan username yang valid. Lalu ketikan C. Setelah itu untuk
melihat status nomor telepon tersebut maka ketikan STATSUB : DN =512xxx80 lalu
akan muncul statusnya. Jika terjadi kontak maka akan berstatus not idle. Nah
jika ini terjadi maka kita jumper ulang atau pindahkan dengan primer dan EQN
yang lain.
Mungkin hanya segitu curhatan artikel saya minggu ini.
Terima kasih yang sudah berkenan membaca dan memberi komentar. Semoga
bermanfaat ya J
I-siska
Gateway
TLWS
Semangat HAHA
ReplyDeletebagus laahh. :D update truss.. ~! :D
ReplyDeletekomen balik ahh.. :D http://rianpurnawan.blogspot.com/2014/04/minggu-ke-6-prakerin-di-pt-dirgantara.html
haha oke oke:D
ReplyDeletemantap :)
ReplyDeletebanyak pengalaman baru yah :D
ReplyDeletesemangat!
tong bari seuri atuh haha :D
ReplyDelete